Cute Running Grey Dog"), auto;} marsyapradistina: Kahung, surga tersembunyi

Kamis, 22 November 2012

Kahung, surga tersembunyi

Kahung adalah sebuah hutan hujan tropis yang terletak di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. tempatnya itu di area sekitaran waduk riam kanan, letaknya di desa Belangian. belum banyak yang tau soal gunung Kahung ini. padahal gunung Kahung punya keindahan alam yang Subhanallah...

dan, ini sedikit cerita saya tentang gunung Kahung...

bulan Januari 2011 kemaren, saya sama temen2 mapala fakultas teknik unlam ikutan pendakian bersama gunung Kahung yang diadain mapala Impas - B Fkip Unlam. kita kesana naik kelotok disekitaran area waduk riam kanan. waduk riam kanan itu keren sekali maaaaan...sepanjang jalan kita bakalan ngeliatin pemandangan pegunungan dan pulau2 kecil. trus ada juga keramba2 ikan punya warga sekitar situ. oh iya, sebenernya waduk riam kanan ini tuh dulu nya kampung, cuma karena mau dijadiin waduk jadinya dikeruk gitu, makanya jangan heran kalau kesini kita bakalan nemuin pohon kering yang kaya ditanam didasar air gitu.

keramba punya warga sekitaran bendungan...

sekitaran 2 jam kita mengarungi *cie, mengarungiii... kita sampai di desa belangian. kita bikin camp dulu di sekitar pemukiman penduduk...
mari makaaaan.....
lets start tracking...
dari camp kita jalan sekitaran 1 jam dengan jalur yang masih lurus2 aje, trus kita mesti nyebrangi sungai yang gak terlalu dalem, disini mesti hati2 soalnya arusnya lumayan deras.


nah, foto diatas itu di shelter kembar. disana ada shelter tempat istirahat pendaki dengan bonus sungai berarus kaya gini...

air terjun kahung


puncak kahung hamparan






yeah, he is my man...sahid suriansyah...





memang belum banyak sih orang yang tahu tentang pegunungan Kahung ini, padahal tempat ini keren banget buat dipromosiin jadi objek wisata alam Kalsel. semoga kedepan pegunungan Kahung ini menjadi salah satu alternatif objek wisata ya buat warga Kalsel bahkan bisa terkenal diluar Kalsel. Amien...

Tips mendaki gunung Kahung :
1. Karena transportasi kesana satu2nya mesti pake kelotok, sebaiknya sih pesen kelotok dulu beberapa hari sebelumnya. biasanya sih si paman2 kelotok nangkringnya disekitaran pelabuhan riam kanan. jangan lupa janjiin buat minta dijemput kapan, soalnya kelotok ke belangian itu gak selalu ada tiap hari.
2. sebaiknya sih buat yang belom pernah kesini, ajakin orang yang udah pernah atau ajakin penduduk desa sekitar belangian. yaaaah, biar gak nyasar laaah. tapi sebenernya sih udah ada jalur pendakian disini...
3. berhubung di Kahung itu lembab, jadi banyak banget binatang yang namanya "pacat" sejenis lintah yang bisa ngisap darah gitu, jadi kalau ga mau ngedonorin darahnya sia2 jangan lupa lah ituh pake celana panjang, kaos kaki panjang, sepatu trus diiket soalnya pacat itu bisa nempel dimana aja. 
4. enjooooooy your journey.

bisa lah klik disini buat yang pengen tau banyak soal kahung http://jalan2.com/city/banjarmasin/lembah-kahung/





4 komentar:

  1. wahhh rame tuh kegiatan listas alam klo medannya kaya gtu,,haahah,,,rame2 sambil ngebuang stresss ama semua aktifitas sehari2

    BalasHapus
  2. yeaaaah..minat kesini ? ayoo ke kalimantan selatan..

    BalasHapus
  3. Kapan ada rencana kesana lagi ? Boleh dong gabung hehhe

    BalasHapus
  4. wooow,,,,pertama kali menginjakan kaki di hutan kahung dan sekitarnya pada tahun 1997,,selanjutnya jadi agenda rutin setiap saat sll kesana,,,skrg sdh hampir 12 tahun tidak kesana,,,,tapi alam dan hutannya masih sangat terawat,,,,thank yang sdh memuat foto desa belangian, lembah kahung dll

    BalasHapus